Senin, 15 Agustus 2011

Tips dan cara memilih camcorder sesuai dengan kebutuhan

Dalam memilih camcorder kita harus hati-hati, pasalnya selain barang ini termasuk barang mahal, tingkat kerusakannya juga lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain dan tentunya membutuhkan perawatan yang lebih.

Tanpa kita mengerti sedikit seluk beluk mengenai handycam atau camcorder akan membuat kita bingung sendiri dalam menentukan atau memilih jenis dan tipe camcorder yang sesuai dengan kebutuhan kita. Istilah handycam pada umumnya digunakan untuk alat perekam gambar bergerak yang dapat dipegang dengan satu tangan. Bedanya dengan camcorder professional dari segi tampilannya bisa dilihat pada gambar



Camcorder professional (sebelah kiri) berukuran lebih besar dan memiliki lebih banyak fitur atau pengaturan manual daripada handycam (sebelah kanan). Camcorder professional juga lebih optimal jika digunakan dengan kedua tangan.

Meskipun demikian, fitur-fitur yang ada pada handycam yang beredar saat ini sudah sangat memadai untuk pengambilan gambar yang kualitasnya setara dengan standar camcorder professional.

Lalu bagaimana kita dapat mengetahui handycam mana yang cocok untuk keperluan dan budget yang kita miliki? Berikut ini beberapa faktor atau spesifikasi handycam yang dapat kita jadikan acuan dalam memilih handycam yang sesuai dengan kebutuhan kita.
Harga handyca

Tentukan dahulu range anggaran yang akan disediakan untuk membeli handycam. Secara umum berlaku prinsip ada harga ada kualitas, meskipun yang harganya lebih mahal pun belum tentu lebih baik. Namun jika terdapat perbedaan harga yang cukup mencolok, sudah pasti ada perbedaan yang cukup nyata antara handycam yang satu dengan yang lainnya.

Bandingkan harga handycam yang satu dengan yang lainnya di satu toko, lalu tetapkan handycam pilihan Anda dan bandingkan harga handycam tersebut dengan toko lainnya. Dengan begitu, Anda dapat menemukan harga yang terbaik.
Akan dipakai untuk apa handycam tersebut

Pastikan Anda sudah memiliki gambaran akan apa yang hendak Anda lakukan dengan handycam tersebut agar memudahkan memilih handycam dari sekian banyak tipe dan fitur yang disediakan. Misal, apabila kegiatan yang akan direkam nanti lebih banyak berada di luar ruangan, jangan sampai memilih handycam yang lebih optimal untuk kegiatan didalam ruangan. Atau sebaliknya. Untuk mengetahui apa saja kegunaan fungsi-fungsi yang ada pada handycam Anda bisa mencari di internet atau membaca review-review seputar handycam. Waktu yang Anda gunakan untuk mencari informasi akan terbayar saat Anda menemukan handycam yang benar-benar cocok dan dapat bertahan bertahun-tahun.

Format
Pertama kali, format yang umum digunakan adalah format VHS (analog). Namun belakangan ini, format digital sudah mulai mengusik keberadaan format analog. Format analog memiliki keunggulan dari segi kualitas gambar yang dihasilkan serta daya tahan penyimpanannya, namun memiliki kelemahan dalam kesulitan peng-edit-an hasil akhir. Sedangkan pada format digital, hasilnya sangat mudah untuk diedit namun untuk menghasilkan kualitas gambar yang setara dengan format analog para pembeli harus rela mengeluarkan uang lebih banyak.

Namun teknologi yang semakin berkembang membuat harga peralatan digital semakin murah. Anda pun dapat memiliki handycam digital berkualitas baik dengan harga yang semakin terjangkau. Untuk memudahkan Anda memilih, apabila hasil rekaman nantinya ingin Anda edit atau saksikan di komputer, DVD player, atau MP4 player yang bisa Anda bawa kemana-mana, belilah handycam digital. Handycam yang ada di pasaran saat ini sebagian besar menggunakan teknologi digital sehingga tidak akan sulit untuk menemukannya.

Sistem analog lebih banyak digunakan oleh para professional untuk mem-backup hasil pekerjaan mereka. Daya tahan tape analog yang sudah teruji selama berpulh-puluh tahun juga membuat banyak perusahaan yang menyimpan data perusahannya pada pita analog. Meskipun peralatan yang harus dimiliki untuk dapat menggunakan tape analog harganya selangit, hal itu tidak menjadi masalah karena mereka memang membutuhkannya.

Kemudahan penggunaan handycam
Kalau anda seorang penggemar teknologi maka hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika Anda merasa malas mempelajari fitur-fitur yang rumit, pastikan dulu Anda dapat mengoperasikan handycam tersebut sebelum membeli dan membawanya pulang.

Layanan pelanggan
Di Indonesia, layanan pelanggan belum menjadi pertimbangan yang umum pada waktu membeli sebuah handycam. Namun jika handycam yang Anda beli memiliki layanan pelanggan yang prima serta dukungan suku cadang yang lengkap, Anda tidak akan mengalami kesulitan atau membuang waktu bila suatu saat Anda menemui masalah dengan handycam yang Anda beli.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih handycam yang cocok dengan keperluan Anda. Setelah Anda menentukan anggaran perkiraan penggunaannya, Anda sudah separuh jalan mendapatkan handycam Anda. Anda juga tidak akan rugi waktu jika Anda mencari informasi lebih lanjut seputar handycam yang akan Anda beli.

sumber : http://sewamultimedia.com/murah/memilih-handycam-camcorder-baik-cocok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar