Minggu, 05 Agustus 2012

KFX/IFX : Jet siluman produk Korsel dan Indonesia

kfx.jpg

Pesawat KFX/IFX atau Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment adalah pesawat siluman yang proses pembuatanya dikerjakan oleh pemerintah indonesia dan korea selatan, dalam kerjasama ini juga terdapat alih teknologi dari korea selatan selaku pencetus rancangan pesawat, sehingga diharapkan kedepanya pemerintah indonesia bisa memproduksi sendiri pesawat KFX/IFX yang merupakan pesawat generasi 4,5 setingkat dengan F-18 milik USA, dengan kata lain pesawat KFX/IFX lebih canggih dari pesawat F-16 serta sukhoi.

kfx-ifx.jpg

Kerjasama pembuatan KFX/IFX dimulai pada tahun 2009 ditandai dengan pengiriman 37 teknisi untuk tahap awal proses alih teknologi. Mereka terdiri atas 6 pilot pesawat tempur TNI A U, 3 orang dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemhan, 24 teknisi dari PT Dirgantara Indonesia, dan 4 dosen teknik penerbangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada tahap awal pembuatan dilakukan proses pengembangan teknis pesawat yang sekarang sedang berjalan dan ditargetkan pada tahun 2013 proyek ini sudah dapat menghasilkan prototype pesawat, dan untuk tahap selanjutnya dilakukan pengembangan mesin dan manufaktur yang diharapkan pada tahun 2020 sudah selesai dan siap produksi.
Menurut rencana proyek ini akan menghasilkan 150 unit pesawat dengan anggaran 8 miliar dolar, dan indonesia hanya menyumbang 1,6 miliar dolar, sehingga dari 150 unit indonesia mendapatkan 50 unit pesawat KFX/IFX. memang kalo dilihat dari hasilnya kita hanya mendapatkan 1/3nya saja, tapi yang terpenting disini adalah proses transfer teknologinya.

Kerjasama ini telah membangkitkan gairah industri pertahanan dalam negeri, dan memantapkan posisi indonesia sebagai salah satu negara yang diperhitungkan dunia.
http://indomiliter.mywapblog.com/kfxifx-jet-siluman-produk-korsel-dan-ind-2.xhtml

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar