Sabtu, 11 Agustus 2012

Ratusan Pedagang Ramaikan Pasar Ramadhan di Samarinda



Samarinda, Seruu.com -Sebanyak 200 penjual jajanan akan meramaikan Pasar Ramadhan di lapangan parkir Gelanggang Olah Raga (GOR) Segiri Samarinda, Kalimantan Timur.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sarana dan Prasarana Olahraga GOR Segiri Samarinda, Muslimin, pada Jumat mengatakan bahwa penyelesaian kios Pasar Ramadan itu sudah memasuki tahap akhir, yakni penataan meja bagi para pedagang.

"Progres pembangunan kios pedagang untuk Pasar Ramadan sudah hampir 100 persen dan besok (Sabtu) sudah bisa digunakan. Masih banyak penjual jajanan yang mengantri tetapi karena memang kapasitas lapangan parkir GOR Segiri hanya bisa menampung 200 kios sehingga kami tidak bisa mengakomodir semua pedagang tersebut," ungkap Muslimin.

Setiap pedagang diwajibkan membayar Rp750.000, dan akan ditambah Rp70.000 jika menggunakan listrik.

"Tarif ini tergolong murah sebab mereka bebas berjualan hingga akhir Ramadhan, dan Pasar Ramadhan di GOR Segiri ini merupakan pusat jajanan berbagai kebutuhan berbuka puasa di Samarinda. Namun, jika mereka menggunakan listrik akan dikenakan biaya tambahan Rp70.000," kata Muslimin.

Bukan hanya pedagang musiman, menurut dia, para penjual jajanan Pasar Ramadhan di GOR Segiri juga dari kalangan pengusaha Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM).

Oleh karena itu, Pasar Ramadan di GOR Segiri juga menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat, termasuk makanan untuk sahur dan perlengkapan ibadah dan sejenisnya selama Ramadhan.

Pihak UPTD Sarana dan Prasarana Olahraga GOR Segiri Samarinda, lanjut dia, telah menyiapkan tempat parkir khusus sehingga aktivitas Pasar Ramadan itu tidak akan mengganggu arus lalu lintas di Jalan Kusuma Bangsa yang merupakan salah satu jalan protokol di Samarinda.

Sebelumnya, selama bertahun-tahun Pasar Ramadan terbesar di Samarinda itu memenuhi trotoar sepanjang Jalan Kusuma Bangsa.

Namun, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, sejak tahun lalu memindahkan pusat jajanan itu ke lapangan parkir GOR Segiri karena aktivitasnya dinilai mengganggu arus lalu lintas.

Selain di GOR Segiri, Pasar Ramadan, menurut dia, juga berlangsung Pasar Ramadhan di beberapa lokasi, diantaranya di Jalan Pangeran Antasari, Jalan Lambung Mangkurat, dan kawasan Samarinda Seberang.

"Berbelanja di Pasar Ramadan sudah merupakan tradisi warga Samarinda saat berpuasa sebab di tempat ini banyak dijual jajanan baik tradisional maupun makanan modern," demikian Muslimin. [ndis]
http://www.seruu.com/kota/samarinda-seruu/artikel/ratusan-pedagang-ramaikan-pasar-ramadhan-di-samarinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar