Selasa, 12 April 2011

Kalstar Akan Merambah Jawa


JAKARTA, KOMPAS.com — Kalstar Aviation, maskapai penerbangan yang selama ini beroperasi di kota-kota di Pulau Kalimantan, mulai akan merambah ke Pulau Jawa. Untuk tahap awal mereka akan membuka rute Pontianak-Jakarta. Seharusnya rute ini akan mulai diterbanginya pada hari ini (Senin, 11/4/2011). Namun karena musibah tabrakan pesawatnya dengan pesawat milik Wings Air di apron Bandara Soekarno-Hatta sehari sebelumnya, penerbangan perdana akhirnya ditunggu hingga perbaikan pesawat selesai.

Tabrakan terjadi saat pesawat Kalstar yang tengah didorong oleh push back car untuk mengisi bahan bakar menyenggol bagian belakang pesawat MD-80 milik Wings Air.

Untuk menerbangi rute Pontianak-Jakarta ini, Kalstar menggunakan sebuah pesawat Boeing B737-300. Untuk sementara pesawat tersebut akan melayani penerbangan tiga kali sehari.

Kota lain di Jawa yang tengah dibidik oleh manajemen Kalstar adalah Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang. "Kami tengah menunggu kedatangan pesawat sejenis. Penambahan pesawat itu selain untuk memenuhi aturan UU Penerbangan juga untuk memperbesar frekuensi di rute-rute tersebut," ujar Aditya Wardana, Wakil Direktur Kalstar.

Kota-kota di Jawa dibidik Kalstar untuk lebih mempermudah transportasi penduduk antara Jawa dan Kalimantan. Saat ini Kalstar mengoperasikan tiga jenis pesawat ATR 42-300 kapasitas 50 penumpang dan satu Boeing 737-300. Pesawat ATR digunakan untuk menerbangi 12 kota di Kalimantan.

Untuk memenuhi kuota pengoperasian pesawat sesuai UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, tahun ini Kalstar akan mendatangkan dua ATR dan empat Boeing 737-300. Dengan demikian, jumlah pesawat pada tahun ini akan berjumlah 5 ATR 42-300 dan 5 Boeing 737-300.

Khusus untuk jenis ATR, menurut Aditya, manajemen sudah memutuskan untuk membeli kelima pesawat tersebut. (Angkasa/Gatot R)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar