Kamis, 05 Mei 2011

Anggota Parlemen Selandia Baru Puji Osama Sebagai Pejuang Kebebasan


Wellington - Osama bin Laden memang telah lama menimbulkan kontroversi. Ada yang mengelu-elukannya. Ada pula yang mencaci-makinya. Seorang anggota parlemen Selandia Baru memuji Osama sebagai pejuang kebebasan yang bangkit untuk para pengikutnya.

Menurut Hone Harawira, politikus dari etnis Maori itu, aspek-aspek positif kehidupan Osama perlu diakui. Politikus independen itu juga mengajak masyarakat untuk tidak mengutuk pemimpin jaringan teroris Al Qaeda itu.

"Tak ada yang kita dengar selain hal-hal negatif tentang dia dari Amerika, namun dia berjuang untuk menentukan nasib rakyatnya dan demi keyakinannya," kata Harawira pada stasiun televisi lokal seperti diberitakan kantor berita AFP,Kamis (5/5/2011).

"Bahkan, apapun yang telah dikatakan media, keluarganya, sukunya, orang-orangnya sedang berkabung," tutur politikus yang dikenal vokal itu.

"Mereka berkabung untuk pria yang berjuang akan hak-hak, tanah dan kebebasan rakyatnya. Kita seharusnya tidak mengutuk mereka yang meninggal namun mengakui aspek-aspek positif kehidupan," tutur pembela hak-hak suku Maori itu.

Menurtu Harawira, merupakan tradisi bagi Maori, suku asli Selandia Baru, untuk menghormati dan berkabung atas orang meninggal, termasuk Osama.

"Jadi saya mengakui dia dan mengucapkan selamat jalan untuknya. Kembalilah kepada para leluhur Anda yang menunggu Anda di luar tabir kematian," kata Harawira.

Pernyataan Harawira bertolak belakang dengan respons Perdana Menteri Selandia Baru John Key atas operasi penyerbuan AS yang menewaskan Osama. "Saya sama sekali tidak ragu bahwa dunia menjadi tempat yang lebih aman tanpa Osama bin Laden," kata Key.

http://www.detiknews.com/read/2011/05/05/122638/1633063/1148/anggota-parlemen-selandia-baru-puji-osama-sebagai-pejuang-kebebasan?9911012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar