Fakta pertama
sebuah mobil F1 ternyata terbuat dari 80.000 komponen, dgn perakitan mendekati kesempurnaan 99%, walaupun demikian ketika balapan dimulai msh terdapat sekitar 80 kesalahan teknis. Ketika Seorang pembalap F1 melakukan pengereman/brakes, maka perlambatan yg terjadi dapat disamakan dgn mobil biasa ketika menabrak tembok batubata dgn kecepatan 300kmph.
Mobil F1 dapat melaju dgn kecepatan dr 0 – 160kph dan kembali diam atw kecepatan 0 dlm waktu 4 detik!!!
Mesin mobil F1 dapat sebagian besar hanya bertahan kurang lebih selama 2 jam di balapan, dgn kata lain ada tingkatan mesin yg akan terus dikembangkan..
Rata-rata pembalap F1 kehilangan 4 kg dr berat badannya selama 1x balapan akibat suhu tinggi selama 1 jam di dalam mobil… Pantesan lgs timbang badan abiss balapann
Untuk memberikan penjelasan betapa pentingnya sistem aerodinamika dan down force pd mobil F1, dpt dibandingkan dgn pesawat kecil tanpa sistem ini mempunyai kecepatan yg lebih kecil dibandingkan mobil F1. Tanpa Kekuatan Aerodinamika yg di terapkan pd mobil F1 maka kecepatan maksimal hanya akan mencapai 160 kph, dimana mobil F1 dgn sistem aerodinamika dpt mecapai kecepatan normal nya yakni 300 kph
Pada balapan biasa seperti di Monaco Grand Prix, sistem aerodinamika down force dpt menghisap tutup dr terowongan di jalan mengingat sirkuit Monaco menggunakan jalan raya biasa. Makanya sebelum balapan harus dilepaskan dulu, sebelum kena kepala orang laen
Pengisian bahan bakar F1 dpt mencapai 12 Liter per detik, hmmm… artinya adalah hanya butuh kurang lebih 4 detik utk mengisi penuh tangki bahan bakar mobil biasa sebanyak 50 Liter. Alat pengisian bahan bakarnya sama dgn alat yg digunakan utk mengisi bahan bakar helikopter militer Amerika Serikat.
Pit crew di F1 yg terbaik dpt mengisi bahan bakar dan mengganti ban dlm waktu 3 detik, sedangkan gw mo bikin thread kek gini butuh waktu 19 menit
Selama balapan, ban F1 jg mengalami susut massa sebanyak 0,5 kg utk tiap ban.
Ban biasa normal penggunaannya adalah 60.000 – 100.000 km di jalan yg biasa, sedangkan ban mobil F1 dirancang rata-rata utk 90-120 km dlm 1 kali balapan.
Dalam kondisi cuaca kering, ban F1 dpt mencapai top performance nya dlm kondisi temperatur antara 90-100 derajat Celcius (titik didih air)
Fakta Terakhir
Ban F1 dlm kecepatan maksimum dpt berputar sebanyak 50 kali dlm 1 detik
http://ceritalangka.wordpress.com/fakta-mobil-f1/
sebuah mobil F1 ternyata terbuat dari 80.000 komponen, dgn perakitan mendekati kesempurnaan 99%, walaupun demikian ketika balapan dimulai msh terdapat sekitar 80 kesalahan teknis. Ketika Seorang pembalap F1 melakukan pengereman/brakes, maka perlambatan yg terjadi dapat disamakan dgn mobil biasa ketika menabrak tembok batubata dgn kecepatan 300kmph.
Mobil F1 dapat melaju dgn kecepatan dr 0 – 160kph dan kembali diam atw kecepatan 0 dlm waktu 4 detik!!!
Mesin mobil F1 dapat sebagian besar hanya bertahan kurang lebih selama 2 jam di balapan, dgn kata lain ada tingkatan mesin yg akan terus dikembangkan..
Rata-rata pembalap F1 kehilangan 4 kg dr berat badannya selama 1x balapan akibat suhu tinggi selama 1 jam di dalam mobil… Pantesan lgs timbang badan abiss balapann
Untuk memberikan penjelasan betapa pentingnya sistem aerodinamika dan down force pd mobil F1, dpt dibandingkan dgn pesawat kecil tanpa sistem ini mempunyai kecepatan yg lebih kecil dibandingkan mobil F1. Tanpa Kekuatan Aerodinamika yg di terapkan pd mobil F1 maka kecepatan maksimal hanya akan mencapai 160 kph, dimana mobil F1 dgn sistem aerodinamika dpt mecapai kecepatan normal nya yakni 300 kph
Pada balapan biasa seperti di Monaco Grand Prix, sistem aerodinamika down force dpt menghisap tutup dr terowongan di jalan mengingat sirkuit Monaco menggunakan jalan raya biasa. Makanya sebelum balapan harus dilepaskan dulu, sebelum kena kepala orang laen
Pengisian bahan bakar F1 dpt mencapai 12 Liter per detik, hmmm… artinya adalah hanya butuh kurang lebih 4 detik utk mengisi penuh tangki bahan bakar mobil biasa sebanyak 50 Liter. Alat pengisian bahan bakarnya sama dgn alat yg digunakan utk mengisi bahan bakar helikopter militer Amerika Serikat.
Pit crew di F1 yg terbaik dpt mengisi bahan bakar dan mengganti ban dlm waktu 3 detik, sedangkan gw mo bikin thread kek gini butuh waktu 19 menit
Selama balapan, ban F1 jg mengalami susut massa sebanyak 0,5 kg utk tiap ban.
Ban biasa normal penggunaannya adalah 60.000 – 100.000 km di jalan yg biasa, sedangkan ban mobil F1 dirancang rata-rata utk 90-120 km dlm 1 kali balapan.
Dalam kondisi cuaca kering, ban F1 dpt mencapai top performance nya dlm kondisi temperatur antara 90-100 derajat Celcius (titik didih air)
Fakta Terakhir
Ban F1 dlm kecepatan maksimum dpt berputar sebanyak 50 kali dlm 1 detik
http://ceritalangka.wordpress.com/fakta-mobil-f1/
Postingan yang bagus dan menarik,jangan lupa kunjungi web saya ya http://rentalmobilmurahjogja.com
BalasHapus