Senin, 02 Mei 2011

Pemimpin Al-Qaeda, Usamah Bin Ladin Tewas

TEMPO Interaktif,Washington - Buronan teroris nomor satu, Usamah Bin Ladin, dikabarkan tewas. Pemerintah Amerika Serikat menemukan jasad pemimpin Al-Qaeda itu pada Minggu, 1 Mei 2011 malam waktu setempat.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mengumumkan sendiri tewasnya Usamah ini. Osama disebut sebagai dalang dari serangan 9/11 di New York, Amerika Serikat.

Sejak peristiwa di tahun 2011, Usamah menghilang. Dia diduga bersembunyi di Pegunungan Afganistan. Apabila kabar Usamah tewas, maka ini suatu prestasi bagi Presiden Obama.

Pada akhir Januari lalu, Osama sempat muncul. Lewat rekaman audio, pimpinan Al-Qaeda ini mengancam akan membunuh sandera asal Prancis bila Presiden Nicolas Sarkozy tidak menarik pasukannya dari negara-negara Muslim. Sejak itu, Osama belum pernah muncul lagi.

Usamah Bin Ladin lahir di Arab Saudi pada 10 Maret 1957. Dia adalah pendiri organisasi Al-Qaeda, sebuah organisasi yang melakukan jihad dengan melancarkan teror.

Usamah dituduh pemerintah Amerika Serikat terlibat dalam beberapa kejadian, seperti 7 Agustus 1998, dia dituduh bertanggung jawab terhadap pengeboman Kedutaan Amerika di Kenya dan Tanzania pada 1998 yang menelan korban 224 orang tewas, 12 di antaranya warga AS.

Lalu, pada 13 Oktober 2000, kapal perusak AS USS Cole, salah satu dari kapal-kapal perang paling modern di dunia, hampir tenggelam setelah satu kapal kecil yang membawa bom menabraknya di Pelabuhan Aden, Yaman. Akibatnya, 17 awak kapal Amerika itu tewas. Usamah pun jadi tersangka utamanya.

REUTERS | POERNOMO GR
http://www.tempointeraktif.com/hg/amerika/2011/05/02/brk,20110502-331413,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar