Senin, 16 Mei 2011

Dibalik Kekuatan Motor MotoGP

Kecepatan maksimum Motor Balap MotoGP bisa konon bisa mencapai 350 Km/Jam atau bahkan lebih. Dengan kecepatan seperti itu, pastinya akan sangat sulit mengendalikan motor jika tidak didukung fisik yang prima dan teknologi yang membantu dalam mengontrol motor tersebut. Sebenarnya bagaimana Motor MotoGP di design dan ada apa dibalik kekuatan Motor MotoGP? Berikut adalah sedikit pemaparan tentang teknologi Motor MotoGP

Teknologi

Motor yang berlaga dalam ajang MotoGP dibuat secara khusus dan hanya dipakai untuk ajang Balap Motor. Ini berarti bahwa Motor yang berlaga tidak boleh dijual bebas ataupun melintas di jalan raya.

Setiap sepeda motor dibuat khusus berbasarkan spesifikasi dari penyelenggara MotoGP dan dibuat dengan meterial khusus yang tentu saja harganya “selangit”. Selain itu juga Motor dipersenjatai dengan berbagai alat elektronik canggih yang berguna memantau kinerja motor saat melaju dilintasan.

Mesin

Jangan samakan mesin Motor Balap yang beredar dipasaran dengan mesin MotoGP. Walau sama-sama Motor Balap, mesin Motor MotoGP didesign sedemikian rupa sehingga mampu mencapai kecepatan puncak yang sangat tinggi dan berakselerasi secara maksimum.

Selain itu juga mesin memiliki daya tahan yang relatif rendah karena “dipaksa” kerja keras. Walau sudah ada rekomendasi tentang umur mesin, namun tidak akan menjadikan sama antara mesin MotoGP dengan Motor Balap yang diproduksi masal.

Pengereman

Dengan kecepatan puncak yang sangat tinggi, tentu saja pengeraman menjadi rahasia dibalik kekuatan Motor MotoGP. Bisa dibayangkan dengan kecepatan 340 Km/Jam dalam waktu kurang dari satu detik kecepatan harus turun dibawah 150 Km/Jam. Bila dengan sistem pengereman standar pastilah sangat mustahil untuk melakukan hal tersebut.

Rem Motor MotoGP dibuat dengan standar tinggi dan harus ringan, kuat dan tahan panas karena Roda berputar pada kecepatan yang sangat tinggi. Biasanya rem dibuat dari campuran Serat Karbon dan Baja dengan perbandingan tertentu.

Ban Motor

Seperti kita ketahui bahwa Ban MotoGP disupplay khusus dan digunakan hanya pada saat event berlangsung. Spesifikasi pun sudah ditentukan untuk masing-masing tipe seperti Wet Tires dan Slick Tires yang memiliki spesifikasi yang sangat berbeda.

Ban MotoGP selain sebagai penopang motor, juga merupakan salah satu suksesi yang dapat mengantarkan Pembalap menjadi Winner. Salah dalam pemilihan ban akan sangat fatal akibatnya.

Demikianlah sekelumit tentang rahasia dibalik kekuatan Motor MotoGP. Semoga dapat menginspirasi

http://berbagiberita.com/olahraga/motogp/2011/03/05/dibalik-kekuatan-motor-motogp.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar