Kamis, 26 Mei 2011

Kadin Siap Kuasai 49 Persen Saham Kaltim Air

Samarinda - Kamar Dagang Industri (Kadin) Provinsi Kaltim menyatakan kesiapan menguasai 49 persen saham untuk maskapai penerbangan Kaltim Air.

Wakil Ketua Hukum dan Etika Usaha Kadin Kaltim, Daeng Naja mengatakan, penguasaan saham itu dilakukan secara konsorsium dengan total biaya diperkirakan mencapai Rp3 miliar per tahun. Sebab pihak pemprov kaltim akan membeli 5 unit pesawat secara kredit dengan biaya hingga Rp6 miliar.

Menurut Daeng Naja, pihaknya berkomitmen membantu Pemprov dalam penyediaan transportasi bagi masyarakat di pedalaman dan perbatasan, dan Ia menilai pihak kadin bisa menjadi pemegang saham mayoritas dengan melebihi jatah 49 persen bagi swasta, dengan cara membeli saham melalui tangan perusahaan daerah melati Bhakti Satya milik Pemprov Kaltim.

Dengan kondisi ini, Daeng Naja optimis, Pemprov Kaltim akan memiliki maskapai Kaltim Air tanpa menggunakan dana APBD, terkecuali ada kabupaten kota yang ingin turut memiliki saham namun belum memiliki Perusda.

Daeng Naja menambahkan, cukup banyak sumber pendanaan swasta dari kabupaten-kota di Kaltim yang bisa digali, termasuk tawaran maskapai penerbangan kalstar yang siap menyediakan sertifikat pilot untuk maskapai Kaltim Air.

Adapun saat ini lanjut Daeng, pihaknya sedang mengerjakan akta notaris untuk pendirian PT Kaltim Aviation, yang akan membawahi Kaltim Air sebagai salah satu bentuk usaha, dengan target penyelesaian hingga 31 Mei mendatang.

(wahyu ramadhani/na

http://www.idcfm.com/berita/kota/samarinda/2477-kadin-kaltim-siap-kuasai-49-persen-saham-kaltim-air.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar