Selasa, 21 Juni 2011

Design Akustik pada ruang home theater dan karaoke

Bapak Hadi seorang pengusaha pelayaran sukses yang kelihatan masih sehat bugar dan berenergi walaupun sudah beumur 77 tahun. Rahasianya menurut beliau adalah kedisiplinannya berolah raga tai-chi setiap pagi dari hari senin – jumat sebelum masuk kantor yang berlokasi di gedung perkantoran WTC – Sudirman. Sebenarnya beliau sudah lama memimpikan sebuah ruangan hiburan dirumahnya yang bisa dinikmati bersama anak dan cucunya.

Setelah mengkonsultasikan harapannya, kami datang ke rumah beliau untuk melakukan analisa permasalahan akustik pada ruangan tersebut. Setelah melakukan beberapa perhitungan dan simulasi kami menawarkan sebuah design yang cocok dengan keinginan beliau.

Solusi akustik yang dipasangkan pada ruangan beliau adalah:
1. Wall Suspension berbahan dasar Acourete Mat Resin yang berfungsi mengisolasi kebocoran suara dari luar masuk ke dalam ruang tersebut. Selain berfungsi sebagai sebagai isolator wall suspension juga berfungsi sebagai bass trap dan meminimalkan gema yang tidak diharapkan. Hasilnya adalah nuansa ruangan yang bersih.
2. Diatas wall suspension dipasangkan acourete board yang dibungkus bahan fabric berkualitas. Acourete Board meredam suara pantulan awal dari speaker front, center dan surround serta speaker karaoke.
3. Untuk mendapatkan sebaran frekuensi mid-high pada bagian dinding depan dan belakang kami pasangkan beberapa panel diffuser.
4. Tetapi setelah dilakukan uji coba ternyata ruangan tersebut masih terasa gulungan bass. Untuk itu pada sudut depan
ruangan kami pasangkan sepasang Acourete corner correction.


Hola ….Pak Hadi sangat puas dengan performa ruang home theater dan karaokenya. Kini Pak Hadi rajin berkumpul dengan keluarga dan teman – temanya.akustik

brp biayanya ya untuk buat akustik home theatre

Biaya untuk pembuatan akustik home theater bervariasi, bisa di mulai dari anggaran minimal 5 – 10 juta untuk ruangan 3×4 dan dapat di up-grade secara bertahap.

Adapun tahapan pekerjaan yang biasa kami lakukan adalah sbb:

1. Suspended Wall
2. Floating Floor
3. Suspended Ceiling
4. Sound Absorbing Panel
5. Sound Diffuser Panel
6. Room Modes Correction


http://vokuz.com/akustik/

1 komentar:

  1. baca juga artikel Vokuzcom di Web kami mengenai pemahaman perbedaan bahan insulasi suara dan bahan serap suara, serta artikel yang lainnya
    Thx :)

    BalasHapus