Sabtu, 18 Juni 2011

Mengenal Apa Itu Ebook

Saya yakin, sebagian besar dari anda pastilah sudah mengenal apa itu ebook ? Ebook adalah singkatan dari Electronic Book, dimana kalau diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia adalah buku yang disajikan secara elektronik atau digital. Biasanya buku elektronik tersebut disajikan dalam format file pdf (portable document format), dan anda bisa membacanya melalui banyak perangkat yang telah menyediakan aplikasi reader pdf. Bahkan sekarang ini anda bisa dengan mudah membaca ebook melalui handphone atau notebook atau perangkat tablet.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan semakin besarnya pertumbuhan pengakses internet menjadikan ebook sebagai peluang bisnis yang layak untuk ditekuni. Ebook menjadi media alternatif dalam menyampaikan informasi atau referensi atau menuangkan ide pikiran atau tulisan ilmiah yang bisa dengan mudah anda terbitkan sendiri tanpa bantuan penerbit buku. Karena berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah mengirimkan draft karyanya, tidak sedikit tulisan yang ditolak untuk diterbitkan. Berbeda dengan buku versi cetak, buku elektronik lebih mudah dibawa kemana saja, asalkan perangkat readernya ringan dan mampu menyimpan hingga ratusan atau bahkan ribuan buku elektronik.

Sayangnya beberapa penyedia ebook di Indonesia masih menjual ebook dengan harga yang sangat tinggi, yaitu antara Rp. 100.000 – Rp. 250.000,-. Alasan mengapa mereka memasang harga sedemikian tinggi juga beragam, diantaranya adalah tidak adanya jaminan ebook tersebut didownload oleh siapapun atau terjadi pelanggaran copyright. Sampai dengan adanya alasan bahwa informasi yang disajikan dalam ebook tersebut harganya sangat mahal di luar negeri, sehingga dengan dalih tersebut, ebook mereka pasang dengan harga mahal. Dibandingkan dengan buku versi cetak, dimana penulis hanya mendapatkan royalti hingga 10% dari harga jual, buku elektronik yang anda terbitkan sendiri bisa memberikan keuntungan hingga 100%. Perihal distribusi, strategi distribusi buku elektronik jauh lebih mudah dibandingkan dengan buku versi cetak. Anda bisa menggunakan iklan, menggunakan jasa mesin pencari, melalui forum, fanpage facebook, twitter dan sebagainya.

Di Indonesia, peluang untuk menjual ebook sangatlah terbuka dengan lebar. Selain pangsa pasarnya yang masih luas, anda bisa membidik segmen apapun yang anda kuasai tentunya. Misalkan anda jago dalam menulis novel, maka tidak ada salahnya anda buat sebuah novel yang terbitkan sendiri dan jual menggunakan format ebook. Beberapa ebook yang dijual di Indonesia kebanyakan memiliki tema yang sama yaitu seputar internet marketing, padahal anda bisa juga menulis tentang resep makanan, desain rumah dan buku apapun yang biasanya anda temukan di toko buku. Kemudian anda menjualnya dengan format ebook, dan dijual melalui internet.

Sebaiknya berapa harga ebook yang akan anda pasarkan ? Jangan terlalu mahal, juga jangan terlalu murah. Tetapkan harga yang wajar, caranya yaitu dengan melihat referensi harga buku dengan tema yang sama versi cetaknya di toko buku. Kalau anda takut adanya pembajakan, maka gunakan payment gateway atau anda bisa mengirimkan versi cetak / ebook dalam CD ke alamat pelanggan anda.

oleh : msuharto
http://msuharto.com/apa-itu-ebook.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar