Senin, 20 Juni 2011

Samarinda Tak Minati Investasi Kaltim Airlines

Samarinda - Pemerintah kota Samarinda tidak berencana untuk ikut menanamkan saham di PT Kaltim Aviation Holding- perusahaan induk pemilik PT Kaltim Airlines.

Menurut Wakil Walikota Samarinda Nursyiwan Ismail, di Samarinda, akhir pekan ini bahwa hal itu dikarenakan kondisi keuangan Pemkot tidak memungkinkan untuk berinvestasi.

"Sekarang kondisi keuangan pemkot lagi defisit anggaran dan mempunyai hutang atau kewajiban pihak ketiga sebesar Rp 650 milyar, sehingga membuat peluang Pemkot Samarinda melalui Perusda PDPAU (Perusahaan Daerah Pergudangan dan Aneka Usaha) sangat kecil untuk ikut investasi," katanya.

Nursyiwan menjelaskan keuangan Pemkot saat ini sangat terbatas dan sangat kecil peluang ikut.
Apalagi PDPAU dimiliki Pemkot juga belum sehat untuk menaruh saham di PT Kaltim Airlines yang diusulkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan tim konsultan Samudra Sukardi.

"Saya sebenarnya tidak bisa menjawab pasti mengenai apakah ikut atau tidak menaruh saham di Kaltim Airlines. Karena, kebijakan ada di Pak Walikota. Tapi dilihat keuangan Pemkot yang sangat terbatas ya kecil peluang ikut," katanya.

Selain itu, menurut Nusyirwan, misalkan untuk memakai APBD Kota Samarinda membiayai Kaltim Airlines harus melalui persetujuan DPRD.

"Ikut menanam saham di Kaltim Airlines kan harus melalui pertimbangan persetujuan DPRD kalau memakai APBD. Tapi setahu saya statement Gubernur kan bukan APBD yang diinvest, tapi murni swasta. Nah kalau begitu, Perusda Pemkot nggak kuat karena PDPAU belum sehat," katanya

Berdasarkan informasi saham PT Kaltim Aviation Holding ditawarkan ke para bupati/walikota di Jakarta. Saham yang ditawarkan adalah bagian pemerintah sebesar 51 persen yang kini masih dikuasai Perusda MBS (Melati Bhakti Satya).

Disebutkan, ada tiga model pembiayaan yang saat ini masih dipilih untuk membiayai Kaltim Airlines. Yaitu, melalui sharing investasi Perusda-Investor, pembiayaan melalui PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), atau leasing to purchase melalui China Development Bank (CDB)

http://rrisamarinda.net/samarinda/404-samarinda-tak-minati-investasi-kaltim-airlines.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar