Minggu, 26 Juni 2011

Louis Cartier, pembuat jam pertama di dunia

Biodata
Nama Lengkap : Louis Francois Cartier
Nama panggilan : Cartier
Lahir pada tahun 1875 di paris, perancis dan meninggal pada tahun 1942
Kebansaan : Perancis
Profesi : Pengusaha

Louis Cartier (1875-1942) ialah seorang pebisnis dan pembuat jam berkebangsaan Perancis yang dikenal akan rancangan jam tangannya yang anggun dan luar biasa. Ia adalah cucu dari Louis-François Cartier (pendiri Cartier SA) dan anak dari Alfred Cartier.

Louis Cartier amat menggemari jam saku mekanis dan bercita-cita membuat jam sendiri. Terlahir dari keluarga pembuat perhiasan dan jam, juga terkenal melalui gebrakannya ketika mengendalikan perusahaan itu bersama dengan ayahnya Alfred Cartier. Pada tahun 1904, melalui bantuan Hans Wilsdorf (1881-1960) yang berkebangsaan Swiss, ia membuat jam tangan pertama yang disatukan dengan gelang. Ia membuatnya setelah sahabatnya Alberto Santos-Dumont dari Brasil yang seorang penerbang meminta agar dibuatkan jam yang berguna dan praktis yang dipakai terbang.

Meskipun jam tangan pertama diciptakan oleh Patek Philippe & Co. pada tahun 1868, Cartierlah yang berjasa memopulerkan jam tangan di atas jam saku.

Cartier S.A. atau umum dikenal sebagai "Cartier" adalah produsen perhiasan dan jam mewah Perancis. Perusahaan ini tetap memakai nama Cartier meskipun sejak tahun 1964 kendali atas perusahaan ini sudah tidak berada di tangan keluarga Cartier. Cartier terkenal sebagai pembuat perhiasan terkenal. Di antara perhiasan yang pernah dibuat Cartier adalah "Bestiary" (perhiasan miniatur hewan buas). Karya terbaik Cartier di antaranya bros Panthère (macan tutul) dari tahun 1940-an yang dibuat untuk Wallis Simpson), kalung berlian yang dibuat untuk Bhupinder Singh Maharaja dari Patiala, dan "Santos", sebuah jam tangan praktis yang pertama pada tahun 1904. Kantor pusat Cartier SA berada di Paris.

Perusahaan ini memiliki sejarah yang panjang dan bergengsi sebagai pembuat perhiasan bagi orang-orang kerajaan, dan juga para bintang dan selebriti. Pangeran Wales pernah memuji Cartier sebagai "Joaillier des Rois, Roi des Joailliers" (Pembuat Perhiasan Para Raja, Raja Pembuat Perhiasan"). Cartier telah menerima order membuat 27 buah tiara untuk upacara penobatan raja. Raja Edward VII dinobatkan pada tahun 1902, dan sebagai penghormatan kepada Cartier, ia mengeluarkan waran kerajaan pada tahun 1904 yang menunjuk Cartier sebagai pemasok resmi Istana Kerajaan Inggris. Waran-waran serupa segera menyusul dikeluarkan oleh istana Spanyol, Portugal, Rusia, Siam, Yunani, Serbia, Belgia, Romania, Mesir, dan akhirnya Albania, serta dari House of Orléans dan Kepangeranan Monako.
Louis Cartier meninggal pada tahun 1942. Pada tahun 1945 Pierre saudaranya mengambil alih bisnis keluarga dan menjadi presiden Cartier Internasional . Kemudian Cartier Internasional berubah menjadi besar organisasi multinasional . Pada tahun 1972 yang Presiden , Robert Hocq , mengambil alih cabang Cartier di London dan New York, dan mendirikan kembali prestise Cartier. Hari ini jam tangan Cartier mengandung gerakan seperti perusahaan terkenal pembuatan jam Swiss sebagai Vacheron Constantin , Audemars Piguet , Movado , dan Le Coultre

ini adalah gambar - gambar jam cartier saat ini


http://www.kaskus.us/showthread.php?p=457468672

Tidak ada komentar:

Posting Komentar