Selasa, 21 Juni 2011

Karaoke, Lepas Suara Hilangkan Penat

Kehidupan di kota besar seperti Jakarta, memang identik dengan mobilitas. Namun kenyataannya, jalan-jalan di Ibukota kian sesak. Kemacetan membuat suasana hati menjadi suntuk. Sebagai salah satu solusi membuang kepenatan, adalah melabuhkan diri ke hiburan karaoke.Dari survei kecil-kecilan yang MOBETRIX lakukan, diperoleh hasil bahwa karaoke menjadi pilihan keempat oleh orang tua ketika menjalankan 'quality time' dengan putra-putrinya. Yang pertama adalah pusat perbelanjaan (mall), kedua tempat wisata macam ancol, ketiga kolam renang. Semakin besar usia anak, maka orang tua akan semakin terbuka untuk mengisi liburan dengan berkaraoke.

Sedangkan kalangan pebisnis, tetap mengandalkan karaoke sebagai tempat hiburan untuk memberikan servis khusus kliennya. Apalagi jika klien tersebut berasal dari luar Jakarta, berkaraoke dan menikmati hiburan di karaoke masih dianggap sebagai bagian yang menyenangkan dari perjanjian bisnis.

Karena itulah, perkembangan karaoke semakin menjadi dengan segmentasi yang jelas. Untuk bisnis atau untuk keluarga. Keduanya hadir dengan karakteristik masing-masing. Meski demikian, karakter yang berdasarkan segmentasi itu, menjadi hilang jika melihat peralatan yang digunakan. Kalangan pebisnis maupun kalangan keluarga, tetap mengutamakan peralatan yang maksimal untuk berkaraoke, selain tempat yang nyaman.

Peralatan asal bunyi, tempat yang penting dingin dengan bentuk seperti kamar kubus dan layar televisi, hanyalah paradigma lama yang sudah ditinggalkan para pelaku bisnis karaoke. Peralatan dari pabrikan terkemuka di bidang audio dan video menjadi andalan untuk menciptakan output suara yang mumpuni selain mengangkat gengsi tempat karaoke yang bersangkutan. Sedangkan untuk mempermudah operasional dan kontrol operator terhadap ruang-ruang karaoke, teknologi informatika sangat membantu. Kalau sudah begitu, persoalan nama pun menjadi sangat berharga sehingga seperti makanan fast food, bermunculan pula jaringannya. Maksudnya, jaringan bisnis karaoke juga sedang menggejala.

Karena sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Jakarta yang cukup berduit, MOBETRIX melakukan penulusuran ke sejumlah tempat karaoke yang sudah buka mulai siang hari dan bertempat di kawasan keramaian, serta tentunya ditujukan untuk kalangan keluarga, meski tidak menutup mata untuk pelaku bisnis.

Penulusuran pertama, kaki tak terasa masuk ke tempat karaoke yang sudah tidak asing lagi, Happy Puppy. Terdaftar di MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai pelopor bisnis karaoke keluarga, membuat Happy Puppy harus tetap selangkah di depan para pesaingnya. Gemarnya warga kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya berkaraoke, Happy Puppy tersedia di dua tempat dengan jarak tidak berjauhan di wilayah tersebut.

Menggunakan perangkat speaker BMB, amplifier dan sub-woofer yang juga dari BMB plus ekualiser Yamaha EQ-70 dan layar televisi projection 50 inci, tempat karaoke yang satu ini bahkan menyediakan suite room yang bisa menampung 30 orang. Menurut pengelolanya, ruangan yang bertemakan New York itu, sangat digemari oleh rombongan.

Sistem operasionalnya tak jauh beda dengan tempat karaoke pada umumnya, yakni memasang PC server dan PC di unit room sebagai perangkat utama untuk memilih dan memutar lagu. Bedanya, PC unit room di Happy Puppy ini juga terhubung langsung dengan amplifier dan ekualiser.

Perihal ruangan besar untuk menampung rombongan, juga dimiliki oleh Inul Vizta. Ruangan VIP-nya berukuran 9x6 meter dan dapat menampung sampai 30an orang orang. Tempat karaoke yang telah merambah di sejumlah kota ini, tidak sekadar mengandalkan nama pedangdut yang dikenal dengan goyang ngebornya, tetapi juga kecanggihan perangkat yang dimiliki. Berbeda dengan tempat karaoke lain, Inul Vizta punya senjata andalan berupa back up jika penggunaan server PC ngadat. Konsumen tak perlu khawatir kenikmatan bernyanyi terganggu, karena secara otomatis perangkat keluaran HDT akan tergunakan. Produk dari Korea itu, memuat 40.000 lagu.

Satu tempat lagi adalah NAV. Tempat karaoke yang satu ini juga mengandalkan server PC sebagai pusat kontrol yang kemudian mendistribuskan lagu ke PC-PC unit yang terdapat di ruang karaoke sesuai keinginan user. Menggunakan speaker dan amplifier keluaran BIK, NAV boleh dikata bersaing ketat dengan Happy Puppy, karena biasanya, kedua tempat itu hadir tidak berjauhan.

Hiburan All in One
Menyambangi tempat karaoke di Jakarta, memang menyenangkan. Tempat seperti itu, bukan lagi dianggap sebagai kawasan 'remang-remang'. Meski kadang masih ada saja yang menyalahgunakan, sungguh, berkaraoke memang dapat menghilang penat. Bernyanyi menjadi obat mujarab untuk melepaskan beban pekerjaan.

Bersama keluarga, karaoke bisa menjadi ajang senang-senang karena bisa saling bernyanyi, bercengkrama hingga menikmati berbagai macam kudapan maupun 'makanan berat'. Bisa dipukul rata, tempat karaoke keluarga memang berusaha menyediakan hiburan 'all in one'. Soal teknologi pun, pengelola tempat karaoke tidak mau ketinggalan. Apa yang terbaru dan tercanggih, sehingga memudahkan pasti digunakan. Harga mahal tidak jadi soal, karena toh tetap ada konsumen yang akan membayar. Menghibur diri memang tidak pernah murah.

Keberadaan perangkat karaoke 'rumahan' pun tidak akan pernah membuat tempat karaoke kehilangan pelanggan. Tempat karaoke memang seperti memiliki magnet berkat kualitas suara yang dimiliki, ruang yang nyaman dan tentunya faktor pendukung lainnya. Anda, termasuk orang yang dibelenggu kejenuhan namun memiliki hobi menyanyi? Tidak ada salahnya untuk berkaraoke. Selamat mencoba.
(pz)

http://www.mobetrix.com/index.php?m=6&id=323

Tidak ada komentar:

Posting Komentar