Minggu, 26 Juni 2011

Raden Kanjeng Aryo Hasan Karman

Nama Walikota Singkawang, Hasan Karman, tambah mentereng. Di depan namanya ada gelar bangsawan Surakarta.

Gelar itu bakal disandang Hasan Karman pada 26 Juni mendatang menyandang gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta. Namanya pada tanggal itu berubah menjadi Kanjeng Raden Aryo Hasan Karman.

Utusan Keraton Keluarga Besar dan Duta Budaya Keraton Surakarta Hadiningrat, KRT Latief Diponegoro, menjelaskan, pengukuhan gelar itu akan dilakukan di Keraton Surakarta, 26 Juni.

Latief mengatakan, Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan penerus Kerajaan Majapahit dan Mataram. Keraton ini merupakan komunitas budaya yang selalu menjunjung tinggi dan tetap mempertahankan pola-pola budaya tradisional yang dalam perjalanan mampu menjadi penyangga kebudayaan nasional.

"Salah satu acara adat yang terbesar adalah Tingalan Jumenengandalem (ulang tahun kenaikan takhta raja). Kami Keraton Surakarta Hadingrat mengundang Walikota Singkawang mengikuti prosesi acara adat Ulang Tahun Kenaikan Takhta Raja SISKS Paku Buwono XIII," jelasnya.

Selain ulang tahun, Hasan Karman juga mengikuti prosesi penganugerahan gelar bangsawan. Dengan gelar itu, Hasan Karman menjadi bagian keluarga besar Keraton Surakarta Hadiningrat.

Pemberian gelar itu menurut Latief, setelah melalui kajian terhadap latar belakang dan pengabdian Hasan Karman sebagai pemimpin dan pribadi. Kajian itu menilai Hasan Karman sangat layak memperoleh gelar bangsawan Kanjeng Raden Aryo.

Penganugerahan gelar itu juga melalui musyawarah Keraton Surakarta. Satu penilaian kelayakan, lanjut Latief, Walikota Singkawang dinilai memiliki andil besar dalam bidang kebudayaan dan adat istiadat di Singkawang.

Alasan lain, gelar Kanjeng Raden Aryo dianugerahkan dengan harapan Hasan Karman bisa meningkatkan tumbuh dan kembangnya budaya, adat istiadat masyarakat Singkawang.

"Kami berharap antara Singkawang dan Kesultanan Surakarta bisa menjalin hubungan serta kerja sama yang baik dalam segala bidang.” ucap Latief.

Walikota Singkawang, Hasan Karman mengaku bahagia mendapat kepercayaan dari Keraton Surakarta menyandang gelar Kanjeng Raden Aryo. "Tiga tahun mereka memantau kepemimpinan saya, dan mereka anggap layak menerima gelar tersebut," jelasnya.

Setelah mendapatkan gelar tersebut dirinya masuk dalam kekerabatan Keraton Surakarta dan berhak mengikuti rangkaian acara keraton.


http://kalbar-online.com/news/ekalbar/singkawang/raden-kanjeng-aryo-hasan-karman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar