Senin, 20 Juni 2011

Pesawat Kaltim airlines dijadwalkan beroperasi 17 Agustus

(Kalimantan Timur) Pemprov Kalimantan Timur menjadwalkan pesawat terbang milik maskapai Kaltim Airlines segera beroperasi untuk melayani penerbangan intra Kaltim pada 17 Agustus 2011.

"Setidaknya pada 17 Agustus 2011 kita sudah punya satu pesawat milik Kaltim Airlines yang sudah beroperasi," kata Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak.

Terkait dengan harapan itu, maka Pemprov Kaltim secepatnya menyiapkan berbagai tahapan agar program tersebut segera terealisasi, misalnya membentuk perusahaan (maskapai) penerbangan dan permodalan, khususnya untuk membeli pesawat terbang.

Rencananya jenis pesawat yang akan digunakan untuk pelayanan intern Kaltim yaitu pesawat dengan jenis C212-300 atau CN235-220. Pesawat tersebut rencananya akan dibeli secara kredit leasing.

"Khusus Air Operate Certificate (AOC) atau izin operasi pesawat Kaltim Airlines akan dititipkan ke airlines lainnya," ujar Awang.

Terdapat empat tahapan perencanaan pada Kaltim Airlines itu, yakni pada tahap awal adalah pembuatan jembatan udara di Kaltim masing-masing Samarinda dan Balikpapan.

"Kedua Bandara (bandar udara) tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan yang berbeda," ujarnya.

Bandara di Samarinda akan digunakan untuk penerbangan intern Kaltim dengan menggunakan pesawat-pesawat dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Sedangkan bandara Balikpapan akan digunakan untuk penerbangan antar daerah, mengingat "runway" (landasan pacu) Balikpapan telah siap untuk dipergunakan pesawat-pesawat besar.

Kedua, Intra borneo yaitu pelayanan penerbangan Kaltim Airlines dari wilayah kaltim ke seluruh wilayah-wilayah di Pulau Kalimantan.

Tahap ketiga, jelajah nusantara atau pelayanan Kaltim Airlines ke seluruh Indonesia.

Sedangkan tahap keempat, "go regional" merupakan rencana pelayanan penerbangan Kaltim Airlines ke negara-negara tetangga, misalnya Singapura, Malaysia dan Thailand.

Keempat "master plan" tersebut akan dilaksanakan secara bertahap dengan melihat prospek kedepannya.

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.


http://www.tender-indonesia.com/tender_home/innerNews2.php?id=9922&cat=CT0022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar